• Hubungi Kami
  • (+62) 85 101 487 222 / (+62) 85 102 11 6363 / (+62) 89 657 30 6921

Atap shingles bermasalah, GAF solusinya

22 Mei 2013

Atap shingles bermasalah, GAF solusinya

Atap shingles identik dengan atap mahal karena selain produknya sendiri premium, syarat sistem atap ini harus diaplikasikan pada bidang datar, seperti multipleks, papan, fibercement, plat, dll. Oleh sebab itu, banyak aplikator mencoba mencari solusi untuk menekan biaya, misalnya dengan mengganti asesoris yang sudah ditetapkan. Beberapa solusi tersebut antara lain :

  1. Mengganti syarat ketebalan bidang datar, diusahakan setipis mungkin, tetapi menggunakan banyak rangka dibawahnya, sebaliknya jika rangkanya dipasang jaraknya lebih jauh, maka bidang datarnya makin tebal.
  2. Meniadakan galvanis pelindung diganti dengan ter atau sealent
  3. Meniadakan underlayer, paku, dan bidang datar tipis diganti dengan membran atau lapisan anti bocor (waterproofing)
  4. Meniadakan asesoris ventilasi
  5. Masih banyak lagi solusi dari aplikator

Beberapa solusi tersebut tidak selalu bisa dibenarkan, karena kualitas penggantinya lebih sering dibawah standar asesoris yang sudah didesain sesuai dengan atap shingles. Untuk produk GAF, garansi akan tidak dikeluarkan jika aplikasi tidak sesuai sistem & standar. Beberapa aplikator juga berusaha meraup keuntungan lebih dengan memanfaatkan ketidaktahuan konsumen, bahkan dengan sengaja menambah material dibeberapa posisi agar terkesan kebutuhan material yang dibutuhkan lebih banyak dari yang sebenarnya.

Ini adalah beberapa contoh atap-atap shingles bermasalah di Bali :

1. Pullman Hotel, Pantai Kuta

Pullman Hotel

 

Pullman Hotel

 

Pullman Hotel

Kurangnya jumlah paku terutama atap yang mengarah pantai menyebabkan kekuatan angin menyobek shingles

 

2. Cocoon Cafe, Pantai 66

Cocoon Cafe

Aplikator sengaja membagi atap dengan beberapa bubungan agar kebutuhan material lebih banyak. Padahal atap shingles bisa diaplikasikan tanpa bubungan, bentuk kerucut dengan dasar lingkaran, bukan segi banyak

 

3. Kutabex, Pantai Kuta

Kutabex, Pantai Kuta

 

Kutabex, Pantai Kuta

Mengganti underlayer dengan membran bakar, tanpa paku. Sistem yang sangat tidak disarankan untuk properti pinggir pantai, kurang dari setahun, beberapa atap lepas. Padahal garansi resmi atap shingles mencapai lebih dari 20 tahun!

 

4. Villa Yage, Ubud

Villa Yage, Pejeng - Ubud

Menggunakan bidang datar yang muai susutnya tidak sama, mempengaruhi bentuk atap jadi tidak rapi

 

5. Vihara Buddha Matreya, Jl.Soputan

Vihara Buddha Matreya, Jl.Soputan

Vihara Buddha Matreya

re-roofing tegola ke GAF

re-roofing tegola ke GAF

Tampak luar terlihat tanpa masalah, tetapi hampir keseluruhan bagian dalam mengalami kebocoran. Tanpa underlayer, genteng langsung dipaku di bidang datar. Panasnya genteng langsung mempengaruhi muai susut multipleks, kemungkinan besar akan jebol saat multipleks lapuk. Merk pelopor genteng aspal belum tentu berpengalaman, tehnik pemasangan awal yang sudah salah, didukung dengan mengurangi asesoris, menjadi kesalahan fatal. Garansi yang dijanjikan juga tidak direspon saat di komplain klien.

 

6. IZE Hotel, Jl. Oberoi

IZE Hotel

 

7. Bliss Wayan Hotel, Majapahit - Legian

Bliss Wayan Hotel, Majapahit

 

Atap shingles produk China memang harganya murah, tentunya berbanding lurus dengan kualitas produk. Perbedaan shingles China dengan GAF adalah :

  1. Packing bundle produk China sering lengket antara atap satu dengan lainnya, sehingga saat terpasang, justru kekuatan lengket aspalnya sudah jauh berkurang. Bahkan beberapa rusak karena robek saat dipisahkan.
  2. Warna butir granule batu pada permukaan atap produk China merupakan warna buatan. Beda dengan GAF yang natural (warna asli batu), jika sebuah butir dipecahkan, warna di dalamnya tetap sama.
  3. Warna cat produk China bisa memudar & luntur.
  4. Warna cat produk China tidak konsisten, bundle satu dengan lainnya bisa berbeda (terlihat dari foto IZE Hotel).
  5. Atapnya lembek saat terik, bahkan saat aplikasi, seringkali paku menembus atap karena atapnya meleleh.
  6. Butir granule rontok, sampai habis.
  7. Asesoris shingles China tidak lengkap.
  8. Dengan kurangnya kualitas, shingles China tidak akan bertahan lama, bahkan tidak lebih dari setahun.

 

8. OSO ( Original Surf Outlet ), Bypass Jimbaran                                                                                                                                  GAF OSO

 OSO

 Sistem membran bakar yang malah mengotori dan merusak penampilan atap karena aspal cair meluap melalui celah-celah atap. Pemasangan atap shingles terkesan tidak elegan karena pekerjaan pemasangan yang tidak rapi. Atap shingles yang selalu memberi kesan bonafid, tidak terlihat pada properti ini.

 oso talang

Atap pada jurai dalam seharusnya dianyam, bukan dibuat talang zinc yang pasti akan bermasalah. Pertemuan antara atap dan dinding juga harus rapi agar tidak ada celah air bisa masuk.

 

GAF bekerja dan melayani konsumen dengan sistem. Kami berusaha menyesuaikan budget konsumen, tetapi apa yang menjadi syarat usia atap jangka panjang tetap kami utamakan. Lebih baik menggunakan atap lain daripada kami dipaksa untuk bekerja tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.